JUARA 3 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

SMA SAQA kembali Juara, kali ini giliran nanda Siti Nur Arifah. Siswi yang berasal dari Desa Guyangan Kecamatan Krucil ini berhasil meraih juara 3 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan tema Peran Pemuda NU dalam Menghadapi Revolusi Industri. Lomba yang diselenggarakan oleh Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia yang bekerja sama dengan MWCNU Paiton ini diikuti oleh siswa-siswi tingkat SLTA sederajat sekabupaten Probolinggo. Berkat kerja keras dan bimbingan dari Guru Bahasa Indonesia Bapak Samsul Hairi, S.Pd, Siswi yang kini duduk di kelas XII Jurusan IPA ini mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya sehingga berhasil mendapat perhatian dewan juri dan meraih juara. Walaupun hanya Juara 3 namun hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah, utamanya bagi nanda Siti Nur Arifah yang telah mengharumkan nama sekolah kita, SMA SAQA.

 

Berikut text Karya Tulis Ilmiah karya nanda Siti Nur Arifah :

 

PERAN PEMUDA NU MENANGGAPI REVOLUSI INSUTRI

 

“UBAH MINDSET CIPTAKAN GENERASI MAJU”

 

PENDAHULUAN

     1.LATAR BELAKANG

Revulosi industry 0.4 telah mengubah cara kita hidup bekerja dan berhubungan dengan yang lain. Dalam cekupan, nol skala serta kompleksitasnya.

Teknologi yang berkembang dalam revolusi Industri 0.4 menggabungkan dunia fisik, digital dan biologis yang di satu sisi membuka peluang besar untuk kemajuan. Revolusi ini memaksa kita untuk memikirkan ulang bagaimana organisasi menciptakan nilai, dan apa artinya menjadi manusia (Claus Schwab).
Seiring berjalannya waktu dan jaman semakin berkembang, terjadi perubahan pada tingkah laku dan perilaku manusia berubah dari masa ke masa. Begitu pula hal ini  turut merubah perkembangan sistem pendidikan yang ada di dunia dan di Indonesia. Sistem pendidikan adalah strategi atau metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan agar peserta didik dapat secara aktif mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara (Bpkm.go.id, 2006). Perkembangan pendidikan di dunia tidak lepas dari adanya perkembangan dari revolusi industri yang terjadi pada dunia ini, karena secara tidak langsung perubahan tatanan pada ekonomi turut merubah tatanan pendidikan di suatu negara. Revolusi industri dimulai dari Revolusi Industri :

1.0 terjadi pada abad ke 18 melalui penemuan mesin uap, sehingga memungkinkan barang dapat diproduksi secara masal,

2) Revolusi Industri 2.0 terjadi pada abad ke 19-20 melalui penggunaan listrik yang membuat biaya produksi menjadi murah,

3) Revolusi Industri 3.0 terjadi pada sekitar tahun 1970an melalui penggunaan komputerisasi, dan

4) Revolusi Industri 4.0 sendiri terjadi pada sekitar tahun 2010an melalui rekayasa intelegensia dan internet of thing sebagai tulang punggung pergerakan dan konektivitas manusia dan mesin (Prasetyo & Trisyanti, 2018).

GENERASI MUDA DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Dr. WAHJU S. UTOMO Auditor Utama Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan memberikan kuliah umum ke para siswa Politeknik Pelayaran Sorong Papua Barat, dengan pembahasan mengenai revolusi industri 4.0 yang menggabungkan teknologi otomatis dengan teknologi cyber sehingga bisa mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi di dunia kerja bahkan gaya hidup manusia itu sendiri.

Dunia digital dan revolusi industri saat ini beberapa jenis model bisnis dan pekerjaan di indonesia sudah terkena dampak dari arus era digitalisasi salah satunya taksi atau ojek tradisional sudah mulai dengan moda-moda berbasis online, oleh karena itu tantangan skill serta strategi menghadapi era digital harus komitmen peningkatan investasi, learn by doing, peningkatan digital skill bagi era digital di masa depan dan menyusun kurikulum pendidikan yang telah memasukan materi terkait human-digital skills.

Tips sukses untuk generasi milenial harus selalu membuka diri pada lingkungan yang lebih luas, menjaga konsentrasi saat menyelesaikan tugas/pekerjaan, peka terhadap perubahan yang ada, menyisihkan waktu untuk belajar, tidak asak jiplak/plagiat karya orang lain, cari informasi dari sumber yang terpecaya, sisihkan waktu untuk beristirahat dan kerahkan seluruh potensi/kelebihan yang kalian miliki dan raihlah sukses.

Bapak Wahju S. Utomo dalam penutupannya berpesan agar selalu membiasakan yang benar BUKAN membenarkan yang biasa. (DNY

B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat disusun rumusan masalah,

 

  1. Sebagai pemuda atau generasi bangsa apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi revolusi industri yang telah mengubah tatanan kehidupan masyarakat?
  2. Dan sebagai seorang pelajar yang menjadi ekstafet bangsa Indonesia, langkah apa yang dapat kita ambil agar Indonesia tidak tertinggal dengan Negara lainnya dibidang teknologi?

C. MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud dan tujuan dilakukan perumusan atas masalah tersebut adalah

 

  1. Untuk memberikan masukan dan solusi menghadapi kehidupan dimasa revolusi industri
  2. Untuk meningkatkan kesadaran para pelajar tentang pentingnya berpikir kritis di masa moderanisasi seperti sekarang

D. Metode Penulisan

Metode pengumpulan data digunakan dalam penulisan ini adalah data berupa dokumen tulisan dan artikel dari media cetak dan media elektronik.

 F. PEMBAHASAN

Dalam perkembangan ini, pemuda Indonesia berperan penting bahkan menjadi tokoh utama.

Revolusi industri tidaklah selalu menciptakan nilai posistif, dampak negatif revolusi industri juga harus di tangani dengan bijak.

Pelajar adalah factor utama yang berdiri di garda terdepan dalam bidang kemajuan Negara, utamanya pemua NU yang memang di bentuk dalam organisasi berbasis islam.

Diantara yang harus dilakukan sebagai pelarar adalah:

Tingkatkan nilai pendidikan

Pendidikan tentunya menjadi alasan utama yang harus di kembangkan, karna dengan memperoleh pelajaran dan ilmu pengetahuanlah kita dapat merubah pola pikir menjadi pelajar yang terdidik, disiplin dan mengembangkan sikap maju dan professional.

Melihat pada perubahan jaman di era revolusi indutri 0.4 kita sangatlah dituntut untuk berpikir kritis agar dapat berandaptasi dan menerima perkembangan iptek dengan baik.

Untuk bisa menjadi motoric bagi kemajuan iptek diperlukan tenaga ahli, guna mengoperasikan teknologi-teknologi tersebut. Dan factor utama yang menjadi penggerak adalah manusia, dan tentunya tidak selamanya kinerja dan aspek kehidupan digantikan oleh mesin. Dengan ini juga membuka peluang dan kesadaran kepada kita sebagai generasi muda yang pastinya akan sangat membutuhkan pekerjaan dimana mendatang.

Pendidikan sebagai penunjang utama dalam perkembangan ini, kita haruslah berlajar dengan tekun dan disiplin, berusaha membentuk karakter yang optimis dan dinamis agar terbentuk generasi yang siap dipersaingkan di kaca internasional. Dengan memiliki pendidikan tinggi kita akan lebih mudah mencapai cita dan tujuan. Dengan mencapai kesuksesan kita akan lebih mudah menerima perkembangan revolusi indusrti.

Memperbaiki skill dan mindset

Perbaikan ahlak tentunya adalah point utama yang harus di lakukan oleh pemuda-pemuda islam, Indonesia tidaklah kekurangan pemuda-pemudi yang berdiri di dalam satuan wilayahnya. Namun dari sekian banyak pemuda tersebut, hanya segenlintir saja yang dapat berdiri kokoh memompang kemajuan Negara, hal tersebut dikarenakan kurangnya cinta tanah air dan pengendalian diri yang lemah, seperti yang kita tau, pemuda di jaman sekarang lebih banyak mengisi waktu untuk bersenang-senang, ng-game, pacaran dan bahkan banyak melakukan penyimpangan bisa di sebut kenakalan remaja, contoh : tawuran, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, balapan liar dll..

G. KESIMPULAN

Hidup di era revolusi industry memang tidaklah mudah,  dapat ditarik kesimpulan pemuda adalah penerus dan berperan besar untuk perkembangan selanjutnya, ir. Soekarno pernah berkata “beri aku 10 pemuda (mahasiswa) maka akan ku guncangkan dunia”

Berdasarkan kutipan tersebut, menunjukkan bahwa pemuda adalah harta paling berharga bagi kelangsungan dunia. Kita sebagai penerus bangsa hendaknya belajar untuk bersikap baik, dan membiasakan diri untuk berkembang, karna seiring perkembangan jaman, pemudapun seolah semakin rusak. Point yang yang harus kita lakukan adalah menjaga diri dari berbagai pengaruh negatif.

Peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang pertama dapat dilihat dari peran pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan. Artinya bahwa pemuda Indonesia sebenarnya memiliki peranan untuk menjadi pusat dari kemajuan bangsa Indonesia itu sendiri. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui pengadaan perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju kepada arah yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa ada pernyataan seperti peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, karena yang menentukan kemajuan bangsa Indonesia dimasa depan adalah para generasi mudanya melalui keberhasilan perubahan-perubahan positif yang dapat dilakukan. Memang berbagai macam tantangan pastinya akan dihadapi atau dialami oleh para generasi muda, tetapi setidaknya para pemuda dapat kembali menengok pada makna sumpah pemuda atau pun makna kemerdekaan Indonesia.

Di mana segala tantangan yang ada akan dapat dihadapi jika perbedaan-perbedaan yang ada dapat dihadapi dengan positif dan dilakukan secara bersama-sama yang juga sesuai dengan asas Bhinneka Tunggal Ika. Seperti melalui upaya saling memotivasi dan mendorong adanya kemajuan pada masyarakat. Salah satu kunci agar dapat sukses menjadi agent of change pastinya adalah keyakinan yang dimiliki para pemuda, maksudnya adalah para generasi muda harus yakin akan apa yang mereka miliki dan selalu melakukannya dengan baik dan benar.

Daftar putaka

Schwab,Klaus,  revolusi insdutri Gramedia pustaka utama

Daud, Wan Mohd Nor Wan, Konsep AL-Attas Tentang Ta’dib: Gagasan Pendidikan Yang Tepat dan Komprehensif Dalam Islam, cet.2.

https://new kompas.com

http://itjen dephub.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.